5 Hal yang Perlu Dilakukan sebelum Konsultasi Dokter Spesialis Saraf

  • Whatsapp

Melakukan konsultasi ke dokter spesialis saraf harus dipersiapkan terlebih dahulu agar sesi konsultasi bisa berjalan lancar. Apalagi jika Anda cukup sulit untuk mendapatkan jadwal konsultasi dengan dokter. Jangan sampai kesempatan konsultasi disia-siakan begitu saja dan tidak berjalan secara optimal.

Read More

Persiapan Konsultasi

Persiapan sangatlah penting karena seringkali pasien merasa bingung apa saja yang harus ditanyakan. Hingga akhirnya sesi konsultasi tidak berjalan optimal dan kurang memberi manfaat. Berikut adalah 5 hal yang sebaiknya Anda persiapkan sebelum menjalani sesi konsultasi dengan dokter:

1. Mental

Pertama siapkan dulu mental Anda karena tidak semua orang siap untuk menjalani konsultasi dengan dokter. Bahkan ada banyak orang yang menunda pemeriksaan kondisi kesehatan karena takut berhadapan dengan dokter. Padahal konsultasi bukanlah hal yang menyeramkan. Berhadapan dengan dokter bukan juga sesuatu yang harus ditakuti.

Berkonsultasi dengan dokter justru akan menjadi solusi bagi gangguan kesehatan yang Anda alami. Jika takut berkonsultasi secara langsung maka lakukan konsultasi secara online. Saat ini layanan telemedicine semakin diminati dan lebih mudah diakses. Dengan berkonsultasi Anda jadi bisa mengetahui kondisi tubuh dan bisa melakukan penanganan sedini mungkin jika ada penyakit yang menyerang tubuh.

2. Catatan Gejala

Siapkan catatan gejala yang selama Anda rasakan. Hal ini sangat penting untuk dipersiapkan agar nantinya saat sesi konsultasi Anda bisa langsung menjelaskannya kepada dokter. Catat apa saja gejala yang selama ini dirasakan tubuh. Buatlah catatan serinci mungkin sehingga dokter bisa memberikan diagnosisnya dengan lebih mudah.

Penjelasan mengenai gejala ini juga sangat penting jika Anda mengikuti tanya jawab online. Jika konsultasi dilakukan online maka dokter hanya bisa melakukan diagnosis berdasarkan penjelasan Anda. Jadi, siapkan dulu supaya sesi konsultasi tidak menyita banyak waktu.

3. Riwayat Kondisi Kesehatan

Saat berkonsultasi dengan dokter spesialis saraf, Anda juga harus mengutarakan seperti apa riwayat kondisi kesehatan Anda. Siapkan juga hal ini agar nanti lebih mudah untuk menjelaskan saat sesi konsultasi berlangsung. Pahami seperti apa riwayat kesehatan Anda. Mulai dari riwayat penyakit yang pernah dialami, catatan genetis, obat yang pernah dikonsumsi, dan lain sebagainya.

4. Rangkaian Pertanyaan

Sesi konsultasi merupakan kesempatan bagi Anda untuk bertanya sebanyak mungkin kepada dokter. Seringkali pasien merasa bingung apa saja yang ingin ditanyakan. Jangan membuang terlalu banyak waktu hanya untuk memikirkan pertanyaan apa yang ingin disampaikan. Agar sesi konsultasi berjalan secara efektif maka siapkan dulu pertanyaan Anda.

Jika masih merasa bingung apa saja yang bisa ditanyakan, coba cari referensi dari internet atau sumber lainnya. Tuliskan pertanyaan sehingga nanti langsung bisa disampaikan kepada dokter. Ini akan sangat membantu menghemat waktu sehingga sesi konsultasi bisa memberi manfaat optimal.

5. Biaya

Jangan lupa siapkan juga biaya untuk berkonsultasi dengan dokter. Coba cari tahu dulu berapa banyaknya biaya yang dibutuhkan untuk bertemu dan berkonsultasi dengan dokter saraf. Jika konsultasi langsung dirasa terlalu berat dari segi biaya, cobalah untuk memanfaatkan sesi telemedicine. Biasanya layanan konsultasi dokter online memasang biaya yang lebih ringan dibanding sesi langsung.

Itulah tadi 5 hal penting yang sebaiknya dipersiapkan saat Anda melakukan konsultasi dengan dokter saraf. Gunakan layanan telemedicine SehatQ jika Anda merasa lebih nyaman melakukan konsultasi online. SehatQ memiliki fitur chat dokter yang sangat mudah digunakan sehingga Anda bisa melakukan tanya jawab dengan dokter-dokter profesional.

Sumber:

https://www.alodokter.com/mengenal-lebih-jauh-peran-dokter-saraf

https://lifepack.id/konsultasi-via-chat-dengan-dokter-online-apakah-efektif/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *