5 Kesalahan yang Sering Terjadi dalam Proses Ekspor Barang

  • Whatsapp

5-kesalahan-yang-sering-terjadi-dalam-proses-ekspor-barang

Indonesia menjadi salah satu negara yang pertumbuhan ekonominya berjalan cukup signifikan. Hal ini didukung oleh pertumbuhan bisnis-bisnis di tanah air yang semakin maju. Contohnya banyak bisnis yang kini mulai melakukan ekspansi dengan melayani konsumen dari berbagai negara. Apalagi sekarang layanan kirim barang ke luar negeri sudah semakin mudah untuk didapatkan.

Read More

Kesalahan Ekspor

Proses pengiriman barang ke luar negeri kita kenal dengan sebutan ekspor. Proses ekspor dari Indonesia memang saat ini semakin banyak dilakukan. Jenis barang yang diekspor pun sangat beragam. Agar proses ekspor ini bisa berjalan lancar, berikut adalah informasi mengenai 5 kesalahan yang sering terjadi di bidang ekspor dan sebaiknya Anda hindari:

1. Tidak Ada Kontrak

Kesalahan pertama yang sering terjadi adalah tidak ada kontrak yang jelas antara penjual dan pembeli. Penjual di sini adalah pengirim barang dan pembeli merupakan pihak yang menerima. Jika memang pengiriman barang ke luar negeri ini dilakukan untuk kepentingan bisnis maka harus ada kontrak atau perjanjian yang jelas. Kontrak tersebut juga harus disetujui oleh kedua pihak.

2. Tidak Mengikuti Aturan Negara

Proses pengiriman barang ke luar negeri berbeda dengan pengiriman barang lokal. Anda harus mengikuti aturan negara yang berlaku. Ada persyaratan khusus yang juga harus ditaati jika ingin melakukan ekspor barang ke luar negeri. Seringnya para pelaku usaha mengabaikan hal ini dan membuat pengiriman barang jadi terhambat sehingga tidak bisa diterima tepat waktu.

3. Mengabaikan Pentingnya Asuransi

Kesalahan lain saat kirim barang ke luar negeri adalah mengabaikan fungsi penting dari asuransi. Padahal asuransi ini menjadi salah satu kebutuhan penting yang harus dipersiapkan saat berkirim barang. Apalagi jika barang yang dikirim memiliki nilai atau harga yang tinggi. Jika tidak ada asuransi maka tidak akan ada jaminan jika terjadi kerusakan atau kehilangan barang.

4. Salah Pilih Ekspedisi

Ketika akan mengirimkan barang ke luar negeri, Anda harus memilih jasa ekspedisi yang tepat. Banyak sekali kejadian pengirim barang salah memilih jasa ekspedisi yang terpercaya. Akibatnya, jasa ekspedisi tersebut tidak bisa diandalkan dan malah membuat barang yang dikirim tidak sampai ke tempat tujuan.

5. Tidak Mempertimbangkan Nilai Tukar

Kesalahan berikutnya yang juga sering terjadi adalah pengirim tidak mempertimbangkan nilai tukar barang. Poin ini harus diperhatikan oleh para pelaku usaha yang ingin mengembangkan target pasar ke luar negeri. Harus ada pertimbangan dan perhitungan mengenai nilai tukar agar tidak terjadi kerugian.

Itulah tadi beberapa kesalahan kirim barang ke luar negeri yang sebaiknya dijadikan pelajaran dan dihindari. Selain ekspor, Anda juga bisa melakukan impor dengan mudah saat ini. Impor bisa dilakukan dari berbagai negara salah satunya Arab Saudi. Impor Arab Saudi ke Indonesia juga harus dilakukan dengan cermat dan pastikan untuk memakai layanan ekspedisi terpercaya.

Sumber:

https://asiacommerce.id/kesalahan-umum-yang-sering-terjadi-dalam-industri-ekspor-dan-impor/

https://aspenku.wordpress.com/2019/05/20/4-kesalahan-eksportir-pemula-yang-harus-dihindari/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *