5 Tips Aman Menggunakan Earphone dan Sejenisnya

  • Whatsapp

5-tips-aman-menggunakan-earphone-dan-sejenisnya

Penggunaan earphone dan sejenisnya bertujuan untuk tidak mengganggu orang sekitar terhadap apa yang sedang Anda dengarkan. Anda mungkin sering menggunakan earphone dalam keseharian. Jenis penyalur suara ini paling banyak diminati karena ukurannya yang kecil dan simple. Sudio Fem contohnya, menjadi andalan earphone bagi remaja dan milenial karena mudah dibawa kemana-mana.

Read More

Aman Menggunakan Earphone

Penggunaan yang terlalu lama tentu dapat mempengaruhi fungsi jaringan pada telinga. Sebenarnya benda yang satu ini tidak berbahaya asalkan Anda dapat mengetahui batas-batas pemakaian dan cara penggunaan yang tepat. Berikut tips aman yang bisa Anda lakukan saat menggunakan earphone:

1. Batas suara

Anda diberi kebebasan untuk mengatur volume sumber suara yang disambungkan dengan earphone. Di beberapa handphone atau laptop akan terdapat peringatan volume berbahaya jika Anda melebihi batas volume aman yang telah ditentukan. Jangan mengatur volume terlalu keras. Tipsnya adalah Anda harus tetap memastikan mendengar teriakan orang selama menggunakan earphone.

Volume aman penggunaannya adalah 85 db. Jika ingin memutar musik atau menonton film dengan suara keras lebih baik jangan menggunakan earphone. Cukup gunakan audio langsung dari perangkat sumber suara Anda. Hal tersebut lebih baik daripada Anda harus menggunakan earphone dengan volume tinggi.

2. Durasi penggunaan

Menggunakan earphone terlalu lama tentu tidak baik. Hal ini dapat merusak gendang telinga yang langsung terhubung untuk menangkap getaran dari luar. 90 menit adalah waktu ideal bagi Anda untuk menggunakan earphone. Namun apabila kondisi perangkat sumber suara seperti ponsel, komputer atau laptop dalam keadaan panas lebih baik segera dihentikan. Sebab komputer atau ponsel yang panas memiliki radiasi yang lebih tinggi.

3. Kebersihan earphone

Selain mengatur volume dan waktu penggunaan, Anda harus rutin membersihkan earphone terutama pada bagian yang langsung menempel pada telinga. Bersihkan dengan menggunakan kain bersih atau kapas.

Hindari meletakkan earphone pada meja, cobalah untuk meletakkannya pada wadah tersendiri atau digantung. Apabila Anda memilih Sudio Fem sebagai earphone pilihan Anda, coba gunakan wadahnya untuk menyimpan dan bersihkan pula wadah tersebut.

4. Hindari pemakaian bersama

Banyak dari pengguna earphone yang biasanya memberikan earphonenya kepada teman atau orang lain untuk dipinjam. Jika Anda termasuk salah satunya, lebih baik hindari hal tersebut. Bukan karena pelit, tetapi penggunaan earphone bersama dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri dalam telinga beserta penyebarannya. Jadi lebih baik hindari dengan melakukan penolakan secara halus, ya.

5. Pilih Earphone yang tepat

Apabila Anda hendak membeli earphone pastikan terlebih dahulu kenyamanan pada telinga Anda. Biasanya penjual akan memberi kesempatan untuk mencoba earphone tersebut. Selain memastikan earphone berfungsi dengan baik, pastikan pula Anda nyaman menggunakannya. Tidak menimbulkan sakit pada telinga.

Penggunaan earphone dan headset serta jenis lainnya dapat memberikan manfaat bagi penggunanya. Namun jangan lupa bahwa penggunaan berlebih juga dapat merusak telinga. Selain lima tips di atas, Anda juga bisa mengunjungi tempat-tempat yang sepi dan bisa memberikan relaksasi. Telinga Anda dapat terhindari dari kebisingan suara untuk sementara waktu. Apabila Anda mempunyai keluhan setelah menggunakan earphone ataupun headset segera konsultasi dengan dokter.

Apabila Anda mempunyai aktivitas yang memerlukan banyak gerak cobalah memilih earphone jenis nirkabel seperti Sudio Fem. Anda tidak perlu khawatir kabel earphone mengganggu aktivitas Anda. Pastikan jangan sampai pemakaian earphone melukai telinga Anda, ya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *