5 Tips Merawat Hard disk Eksternal agar Awet dan Tahan Lama

  • Whatsapp

5-tips-merawat-hard-disk-eksternal-agar-awet-dan-tahan-lama

Anda baru saja membeli hard disk eksternal, tetapi tidak terdeteksi atau terformat. Pasti pikiran langsung panik saat hard disk baru atau lama mendadak rusak yang berpotensi merusak data Anda. Apalagi data yang tersimpan ke hard disk eksternal cukup vital, maka Anda harus melakukan proses recovery data yang membutuhkan biaya lebih mahal. Pastikan Anda membeli WD My Passport yang asli sehingga garansi produk bisa menjamin hard disk eksternal berkualitas dalam menunjang penyimpanan data penting.

Read More

Membeli hard disk berkualitas tidak lantas membuat Anda kehilangan tugas untuk merawatnya. Ya, agar hard disk milik Anda berumur panjang, berikut tips yang dapat diterapkan.

1. Menggunakan metode safe remove hardware

Hal sepele yang sering dilupakan pengguna dalam menggunakan hard disk eksternal saat menancapkan atau mencabut dari laptop. Sebaiknya Anda selalu menggunakan opsi safe remove hardware guna melindungi data-data penting yang masih tertinggal di cache memori.

2. Mengurangi risiko terbanting dan terkena cairan

WD My Passport bisa awet dalam waktu lama apabila Anda tahu cara merawat dengan benar. Selalu letakkan hard disk di tempat yang aman dengan risiko terjatuh atau terbanting yang minim. Komponen mekanik yang ada di dalam hard disk rentan mengalami benturan yang bisa berdampak buruk pada data Anda.

Selain itu, jauhkan hard disk dari cairan atau Anda bisa meminimalisir dengan tidak meletakkan hard disk dekat gelas minuman. Data di dalam hard disk bisa hilang saat benda penting Anda terkena tumpahan atau tercebur ke dalam air.

3. Menghindari benda magnet

Penyebab hard disk mudah sekali rusak atau data yang tersimpan hilang karena Anda meletakkannya di dekat benda elektronik. Benda elektronik atau magnet yang memiliki tarikan kuat bisa merusak komponen mekanik dan platter dalam hard disk.

4. Gunakan kabel USB dengan baik

Untuk memberi pasokan listrik yang baik, sebaiknya Anda menggunakan kabel USB jenis Y atau memiliki dua kepala. Jenis kabel USB ini bisa mendukung penggunaan hard disk eksternal pada PC yang memiliki slot USB rusak.

Hal yang penting lain dalam menggunakan kabel USB yang baik adalah tidak terlalu sering mencabut dan memasang kabel USB. Meskipun hard disk eksternal bisa digunakan untuk banyak PC atau laptop, namun terlalu sering cabut pasang bisa membuat kabel USB aus. Bisa jadi pasokan listrik dan arus data mengalami gangguan dan merusak kontroler. Jangan lupa untuk mencabut bagian kepala kabel USB saat ingin melepas dari PC, ya!

5. Pastikan hard disk eksternal memiliki aliran udara yang baik

Demi memiliki hard disk eksternal yang bisa digunakan dalam waktu lebih lama, Anda wajib memastikan bahwa hard disk eksternal memiliki aliran udara yang baik. Bawa pouch bawaan hard disk agar bisa meminimalisir panas yang dihasilkan saat penggunaan.

Anda tidak boleh melupakan pengecekan kabel USB sudah terpasang dengan benar. Jika kabel USB memiliki posisi tidak tepat atau miring, maka risiko slot USB menjadi longgar bisa mengakibatkan kerusakan jangka panjang. Untuk meminimalisir Anda kehilangan data-data penting yang tersimpan di dalam hard disk, sebaiknya segera lakukan back up. Back up rutin sangat membantu Anda dalam mengamankan data-data tersebut.

Beberapa tips menjaga atau merawat hard disk eksternal bisa Anda terapkan. Bagi Anda yang memiliki jadwal mobile, hard disk sangat wajib dimiliki sebab bisa dibawa ke mana-mana dengan laptop kesayangan Anda. WD My Passport sangat cocok untuk menyimpan data-data Anda selama bepergian bisnis atau kebutuhan lain. Tukar menukar file tetap bisa dilakukan secara aman tanpa gangguan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *