Agar Masker Kain Lebih Efektif, Yuk Hindari 4 Kesalahan Yang Sering Terjadi Berikut

  • Whatsapp

Berkaitan dengan semakin tingginya permintaan dan penggunaan masker, tidak sedikit yang berupaya untuk membuat masker bahan kain sendiri. Hal ini juga berkaitan dengan anjuran pemerintah agar masyarakat umum lebih menggunakan masker dari kain. Sedangkan, masker bedah dikhususkan untuk pekerja tenaga medis. Jika Anda tertarik untuk membuat masker kain, pastikan Anda hindari beberapa kesalahan umum berikut ini agar masker lebih efektif.

Inilah 4 Kesalahan Saat Pembuatan Masker Dari Bahan Kain Yang Perlu Anda Hindari

mediaindonesia.com

1. Menggunakan Bahan Kain Tipis

Salah satu hal yang menarik para warga untuk buat masker dari bahan kain adalah bisa gunakan bahan kain perca. Pastinya hal ini menarik karena Anda bisa berhemat dan juga bisa berkreasi. Namun, Anda juga tidak bisa sembarangan pakai bahan kain. Pastikan kain cukup tebal, Anda bisa gunakan bahan katun atau hibrida (seperti kain lap). Akan lebih baik jika Anda gunakan minimal 3 lapis. Masker yang terlalu tipis, akan kurangi fungsi efektivitas perlindungan.

Read More

2. Warna Sisi Luar Dan Dalam Masker Sama

Pakai warna yang sama berpotensi pengguna salah menggunakan sisi masker. Bayangkan saja, bagian luar akan terpapar dengan virus. Namun karena terlihat sama, bisa saja Anda salah gunakan sisi luar untuk bagian dalam masker kain. Jika hal ini terjadi, maka virus di masker akan langsung berpindah ke wajah. Terutama untuk masker jenis ini yang bisa digunakan kembali. Jadi gunakan warna yang berbeda atau pertanda pada tiap sisi.

3. Memakai Warna Menyerupai Masker Bedah

Pakai warna polos boleh – boleh saja, namun disarankan untuk hindari warna yang menyerupai masker bedah atau masker untuk tenaga medis. Menurut seorang pakar kesehatan di Amerika, penggunaan kain dengan warna yang menyerupai bisa timbulkan kebingungan. Terutama untuk para pekerja medis. Karena itu, Anda bisa gunakan kain berwarna selain hijau (masker bedah Indonesia warna hijau) atau pakai kain bermotif.

4. Membuat Masker yang Terlalu kecil

Siapa sih yang mau pakai masker yang terlalu kecil? Selain tidak nyaman saat dikenakan, masker juga tidak akan bisa lindungi bagian wajah bawah dengan sempurna. Jika ingin buat masker kain sendiri, pastikan ukuran sesuai dengan wajah atau gunakan ukuran standar (17,5 x 9,5 cm). Anda bisa tambah lipatan agar masker bisa ditarik dan menutupi dagu. Buat masker yang menutupi bagian hidung, mulut, pipi dan dagu.

Itulah beberapa hal yang harus Anda perhatikan dan hindari. Bisa dibilang, masker yang efektif adalah masker yang dibuat dengan teliti dan sesuai ukuran. Dalam hal ini, Anda perlu pilih bahan kain yang tepat atau menambahkan layer agar lebih tebal. Jangan sampai masker terlalu kecil, karena tidak menutupi mulut dan hidung dengan baik. Dan pastinya, warna polos yang sama berpotensi salah pakai. Jadi hindari hal tersebut agar masker buatan lebih efektif.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *