Mengenal 4 Fungsi Struktur Organisasi di Perusahaan

  • Whatsapp

Setiap perusahaan pasti memiliki struktur organisasi yang mengatur pelaksanaan tugas dan tanggung jawab karyawan. Masing-masing orang yang berada di perusahaan memiliki jabatan di divisi atau memiliki tingkat jabatan yang lebih tinggi. Struktur organisasi Mayora memiliki susunan yang mengatur kinerja setiap pengelolaan divisi mulai pimpinan setiap divisi hingga dewan direksi.

Read More

Fungsi penting struktur organisasi di perusahaan

Struktur organisasi Mayora memiliki sistem yang tersusun sistematis sesuai dengan tanggung jawab masing-masing divisi, misalnya bagian pembelian, teknologi informasi, HRD, pemasaran, keuangan, dan sebagainya. Pentingnya memiliki struktur organisasi di perusahaan yang jelas sebab memiliki tujuan berikut :

1. Menjelaskan kedudukan dan koordinasi pekerjaan

Setiap perusahaan dikelola oleh pimpinan atau perseroan yang dikelola dewan direksi berlanjut ke bagian-bagian yang berada di struktur bawah. Dengan adanya struktur yang jelas, maka kedudukan dan koordinasi pekerjaan dari atasan hingga bawahan bisa terkoordinasi sistematis.

2. Menjelaskan setiap divisi yang berhubungan

Setiap divisi yang berada pada level yang sama saling berhubungan untuk mewujudkan tujuan perusahaan. Hubungan yang saling berkaitan berguna menjadi laporan dan evaluasi ke pimpinan atau struktur organisasi paling atas.

3. Kinerja dan tanggung jawab

Struktur yang jelas di perusahaan juga menjelaskan kinerja dan tanggung jawab setiap divisi masing-masing, termasuk tanggung jawab pada atasan. Tugas dan tanggung jawab sangat mempengaruhi dalam mengambil keputusan yang terkait demi pengembangan perusahaan lebih maju.

4. Fungsi pengendalian dan pengawasan

Adanya struktur organisasi yang jelas bisa memberikan deskripsi pekerjaan yang jelas bagi setiap jabatan. Fungsi pengendalian dan pengawasan bisa dilakukan oleh pihak atasan untuk mengevaluasi kinerja masing-masing divisi. Setiap divisi yang saling berhubungan harus terkoordinasi dengan baik agar tidak terjadi miskomunikasi yang berimbas pada penurunan omzet atau brand perusahaan.

Beberapa fungsi utama struktur organisasi Mayora bisa menjadi referensi untuk mewujudkan kinerja bersama yang bisa memajukan perusahaan. Struktur organisasi yang baik juga bisa mengupayakan risiko konflik internal yang acap terjadi dalam perusahaan sebab kurangnya koordinasi dengan setiap divisi yang ada. Dengan adanya struktur yang sistematis bisa meningkatkan kinerja karyawan agar bisa memiliki jenjang karir yang lebih bagus kelak.

Sumber

  • https://smartpresence.id/pentingnya-struktur-organisasi-perusahaan/#:~:text=Adanya%20struktur%20organisasi%20penting%20untuk,dan%20fungsi%20masing%2Dmasing%20anggota.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *